Kamis, 01 Desember 2011

MASJID NUR SULAIMAN - ARSITEK : KYAI NUR DAIMAN (GUMELEM)

MASJID NUR SULAIMAN

Masjid ini terletak di sebelah barat Alun-alun kota lama Banyumas. Masjid Nur Sulaiman berdiri pada tahun 1725, semasa Bupati Banyumas ke VII Adipati Yudonegoro II (1708-1743), bersamaan dengan dipindahkannya ibukota Kabupaten Banyumas dari Karangkamal (sekarang Kalisube) ke timur, yaitu Grumbul Gegenduren, sekaligus dibangunnya Pendopo Kabupaten Banyumas yang terkenal dengan nama Pendopo Si Panji.
Masjid Nur Sulaiman didirikan oleh Kyai Nur Sulaiman dari Gumelem dengan diarsiteki oleh Kyai Nur Daiman dari Gumelem juga. Beberapa peninggalan yang masih asli misalnya bedug, mimbar, sumur, sakaguru, dan sebagian tembok.

Masjid Agung Nur Sulaiman ini merupakan masjid peninggalan Kyai Nurdaiman Demang Gumelem I yang menjadi da’i atau juru dakwah pertama kali ketika masjid ini didirikan.Masjid ini telah berusia Iebih dari 400 tahun dibangun pada masa pemerintahan Bupati Banyumas Yoedanegara II. Sampai sekarang masjid ini masih berdiri kokoh terbukti setiap hari dipakai sebagai sarana ibadah khususnya untuk sholat Jum’at. Lokasinya sangat strategis karena pada jaman dahulu untuk membangun suatu tempat selalu menggunakan perhitungan hari baik dan arah bangunan yang balk. Masjid Nur Sulaiman ini tepatnya berada di sebelah barat alun-alun Banyumas atau arah timur dari kota Purwokerto yang berjaraksekitar 15 km.













3 komentar:

SokidRock mengatakan...

ini masjid yg dr arah RSUD banyumas ke utara ya??

DEA DIANA SOEDARNO mengatakan...

Masjid eyang buyut kita..

Unknown mengatakan...

Subhanalloh... izin kan keluarga kami ya ALLOH ibadah,melihat,mengenalkan ke anak cucu keluarga kami. Agar anak cucu keluarga kami tidak lupa dg silsilah keluarga.